6 Tips Cara Mencuci Mobil yang Benar Demi Menjaga Kualitas Cat Mobil

alat cuci mobil

Kini ada banyak daerah cuci kendaraan beroda empat di sekitar rumah atau zona kerja. Dikala akhir minggu tiba, kecuali memandang unsur mesin, juga perlu memandang kebersihan body kendaraan beroda empat.

Terlebih, saat bodi kendaraan beroda empat kumal dan perlu dibersihkan. Dan saat akhir minggu ada waktu senggang kemudian mau mencuci kendaraan beroda empat sendiri, lakukanlah! Namun, wajib menerapkan metode yang ideal.

Nah, berikut ini merupakan sebagian mekanisme dalam hal cuci kendaraan beroda empat yang aman untuk menjaga cat kendaraan beroda empat konsisten kinclong dan awet.

 

1. Semprotkan air dengan benar

Dikala menerapkan air bertekanan tinggi, miringkan semprotan air ke arah samping kanan atau kiri. Dan hindari untuk menyemprotkan air secara horizontal (semprotan seketika dinasihati ke depan tanpa dimiringkan). Lebih bagus, arahkan dari atas ke bawah. Cara ini dialamatkan untuk membikin kotoran seketika jatuh. (Baca Juga: mesin diesel)

 

2. Pakai alat yang khusus

Seenggaknya, pakai perlengkapan khusus untuk mencuci kendaraan beroda empat. Seumpama, seperti penerapan serat mikro, sarung tangan untuk pengerjaan mencuci dan handuk berambut untuk mengeringkan. Namun, kalau di rumah punya kanebo dan spons dengan busa awam, sebaiknya tinggalkan perlengkapan hal yang demikian. Sebab, penerapan kanebo dan spons busa awam kurang tepat sasaran.

 

3. Sebelum benar-benar mencuci, bersihkan semua zona kendaraan beroda empat

Utamakan membersihkan dulu komponen bawah kendaraan beroda empat (seperti kolong, roda dan termasuk velg) daripada bodi kendaraan beroda empat dahulu menerapkan air tanpa sampo. Karena perlu dipandang saat mencuci komponen bawah kendaraan beroda empat, hindari memercikkan air ke bodi kendaraan beroda empat. Sebab, percikan air dapat menyebabkan tumbuhnya bintik-bintik air atau awam disebut jamur.

Setelah, kalau mencucinya di bawah cahaya sang surya seketika, air kencang mengering kemudian jadi jamur. Jamur pada kendaraan beroda empat cukup bandel untuk membikin bodi kendaraan beroda empat jadi kusam, lho.

Tetapi komponen bawah kendaraan beroda empat selesai dibersihkan, bersihkan juga komponen atas atau bodi kendaraan beroda empat menerapkan air tanpa sampo seperti membersihkan komponen bawah kendaraan beroda empat. Namun, sebelumnya, membuang kotoran-debu terutama dulu menerapkan serat mikro / micro fiber atau vakum khusus.

 

4. Lap yang dipakai gak boleh sembarangan

Seperti yang telah digambarkan pada nilai satu, saat akan mengeringkan kendaraan beroda empat sesudah dicuci, pastikan menerapkan handuk berambut. Kanebo sebaiknya jangan dipakai, sebab dapat menyebabkan goresan. Sebab, kanebo terbuat dari material kasar.

 

5. Pakai sampo khusus dan dengan kecakapan pH balance

Tetapi seluruh zona kendaraan beroda empat berair, pakai sampo yang ideal untuk mencuci semua bodi kendaraan beroda empat. Karena produk sampo memberikan bau yang harum atau deterjen dengan campuran khusus. Karena perlu dihindari, jangan menerapkan bahan pembersih dengan kadar deterjen tinggi seperti yang untuk mencuci piring. Sebab, bodi kendaraan beroda empat dengan lapisan cat dan perlindungannya cukup berbeda dengan piring.

Di balik seluruh produk pembersih kendaraan beroda empat, pilih shampo yang sanggup menyeimbangkan pH (tingkat keasaman) dari air yang dipakai. Sebab, banyak yang kurang tahu berapa banyak zat besi dalam air yang dapat menyebabkan karat di bodi kendaraan beroda empat. Dan penerapan sampo yang ideal dapat menyeimbangkan zat korosif air menjadi pH yang setara.

Dan yang perlu dipandang, saat ada kotoran atau jamur yang nggak sirna dari bodi kendaraan beroda empat sesudah menerapkan sampo, jangan buru-buru menggosoknya terlalu keras. Sebab, dapat menghilangkan lapisan varnish cat kendaraan beroda empat.

 

6. Hilangkan kotoran yang membandel dengan trik berikut ini

Kotoran yang susah dibersihkan dapat disebabkan semisal, oleh bahan aspal yang merekat pada bodi kendaraan beroda empat atau malahan serangga yang merekat pada komponen-komponen kendaraan beroda empat. Tetapi, memerlukan sedikit jenjang khusus saat mencuci kendaraan beroda empat. Karena dengan menerapkan claying. Dengan menerapkan claying, seluruh noda yang kelihatan atau nggak akan sirna.

Namun, pakailah bahan hal yang demikian dengan arif, layak kadar kotoran yang ada pada bodi kendaraan beroda empat dan jangan terlalu acap kali. Sebab, meski bahannya lembut, tapi betul-betul abrasif dalam mengangkat kotoran dan akan mengikis lapisan pernis kendaraan beroda empat. Tipsnya, pakai secara terjadwal , 3 atau 6 bulan sekali.

 

Baca Juga: alat cuci mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *