Alat yang Dapat Menetralisir Limbah Industri

mesin potong kayu

Instalasi pengolahan limbah atau IPL diukur menjadi solusi ideal untuk mencegah pencemaran lingkungan imbas limbah padat ataupun limbah cair yang dijadikan dari aktivitas pelayanan kesehatan, dalam negeri ataupun industri.

Alat ini yakni perangkat yang dirancang untuk mengolah limbah, bagus secara fisika, kimia biologis ataupun kimiawi. Dengan seperti itu, hasil olahan bisa dibuang ke lingkungan secara aman ataupun untuk dipakai kembali.

Pengaudit kabar dan teknologi dari Badan Penganalisisan dan Pengaplikasian Teknologi, Yanto Sugiharto, mengaku pencemaran lingkungan yang berasal dari tiga aktivitas hal yang demikian telah memprihatinkan.

Baca Juga: mesin potong kayu

Menurutnya UU No.32/2009 seputar Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mengucapkan bahwa tiap-tiap lembaga dalam negeri dilarang buang limbah yang dapat mencemari lingkungan hidup. Bagi yang melanggar akan dikenakan hukuman pidana.

“Aktivitas atau dari limbah dalam negeri (perhotelan, perkantoran, rusunawa, rumah tangga, dan pemukiman warga) tidak luput mendonasi pencemaran lingkungan yang cukup membahayakan,” ungkap Yanto, dalam keterangannya, Kamis, 20 Desember 2018 lalu.

Dia menyebut aktivitas limbah dalam negeri dapat mewujudkan limbah cair dari penggunaan deterjen dan polutan pencemaran lainnya yang dapat merusak lingkungan, contohnya kandungan pada deterjen.

Yanto mengatakan, deterjen yang dibuang ke selokan, sungai, kolam, maupun danau akan mengganggu kehidupan yang ada dalam air. Larutan sabun akan menaikkan pH atau keasaman air sehingga bisa mengganggu kehidupan organisme dalam air.

“Bahan antiseptik yang ditambahkan ke dalam deterjen dapat mengganggu, dan malahan, mematikan mikroorganisme normal dalam air,” tegasnya.

Sementara itu, lanjut Yanto, aktivitas dari pelayanan kesehatan (puskesmas sampai rumah sakit) dan industri juga mendonasi besar limbah yang merusak lingkungan hidup.

“Khusus limbah aktivitas pelayanan kesehatan, sebab bersifat infeksius, kecuali merusak dan mencemari lingkungan, juga dapat menyebarkan atau menularkan penyakit membahayakan,” papar Yanto.

Dengan demikian, dia menyokong pembangunan IPL supaya layak dengan ketetapan tata tertib pemerintah.

Menurutnya kelengkapan seperti IPL ini, bagus pengolah limbah padat ataupun cair, menjadi solusi untuk mencegah pencemaran lingkungan hidup yang disebabkan limbah padat ataupun cair.

 

Baca Juga: las listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *