Metode Menggabungkan Logam dengan Cara Mengelas

mesin las 

Mengelas adalah proses penggabungan logam dengan cara mengubah energi menjadi panas di zona las. Adapun proses mengelas ini memiliki beberapa metode. Simak informasi berikut ini:

 

Las Gas – Proses ini biasa disebut dengan pengelasan gas metal inert atau pengelasan gas aktif logam (MIG). Proses ini sendiri adalah proses pengelasan dimana busur listrik terbentuk antara elektroda kawat yang dapat dikonsumsi dengan logam benda kerja, yang memanaskan, mencair, dan menggabungkan logam benda kerja tersebut. Proses ini menggunakan nyala api eksternal yang dihasilkan dari obor gas, yang kemudian diarahkan ke benda kerja sehingga meleleh, melebur, dan menyatu. Logam pengisi tambahan sering ditambahkan pada titik tumbukan nyala api. Adapun pengelasan busur gas ini memiliki beberapa variasi. (Baca Jugagerinda tangan)

 

Las Electron Beam – Proses ini mengarahkan bean elektron bermuatan tinggi ke dalam sinar yang ditujukan pada sambungan las, sehingga menghasilkan panas terlokalisasi yang ekstrim. Proses ini paling sering dioperasikan dalam ruang vakum atau atmosfer, sangat cocok untuk sambungan pada bahan konduktif termal tinggi seperti paduan tembaga, dimana teknik pengelasan produksi normal menghasilkan kerugian panas yang berlebihan di daerah tergabung dan zona terpengaruh panas yang tidak diinginkan.

 

Las Friction stir – Proses yang satu ini adalah proses penggabungan solid-state yang menggunakan alat non-konsumsi untuk menggabungkan dua benda kerja yang menghadap tanpa melelehkan benda kerja tersebut. Meskipun demikian, proses ini tetap menghasilkan panas melalui gesekan alat yang berputar pada benda kerja. Proses ini sering kali efektif dalam menggabungkan logam yang tidak sama atau ketika pengelasan konvensional menciptakan hasil yang tidak diinginkan.

 

Itulah keseluruhan metode untuk menggabungkan logam dengan cara mengelas dengan mesin las. Adapun berbagai macam mesin las dapat Anda temukan di pasaran, seperti solid state, plasma cutting, dan banyak lagi. Namun agar pekerjaan mengelas Anda sempurna, ingat selalu untuk menggunakan mesin las dari teknikmart.com. Teknikmart.com sendiri adalah sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online. Sebagai perusahaan penjualan online, Teknikmart berusaha memberikan pengalaman terbaik serta solusi terlengkap bagi semua kebutuhan perkakas Anda, baik untuk kebutuhan penunjang industri, rumah tangga, maupun hobi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui teknikmart.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *