Mana Lebih Bagus, Lantai Kayu dari Vinyl atau Parket? Bandingkan di Sini!

Lantai kayu
Lantai kayu – Ini ia kelebihan dan kekurangan kedua material yang seringkali diterapkan untuk memberi elemen kayu pada rumah. Tidak cuma memberikan kesan hangat, interior kayu juga menghasilkan suasana elegan pada interior rumah. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa lantai kayu sering kali dijagokan banyak orang untuk dipakai pada huniannya. Pelbagai opsi malah tersedia di pasaran. Tidak cuma mengaplikasikan parket (parquet) yang terbuat dari kayu orisinil, vinyl malah acap kali menjadi opsi.

Banyak orang menduga bahwa parket senantiasa lebih baik ketimbang vinyl. Meski, masing-masing material mempunyai keunggulan sekalian kekurangan masing-masing. Jadi, sebelum Anda buru-buru memakainya, baca dahulu isu ini untuk membandingi antara parket dengan vinyl.

Parket
– Kelebihan

Menyejukkan Ruangan
Sebab terbuat dari kayu, bahan parket dapat menyesuaikan dengan temperatur ruangan. Saat temperatur sedang panas, otomatis lantai parket akan memberikan kesegaran untuk ruangan.

Tampilan Elegan
Parket mempunyai tampilan yang lebih elegan daripada vinyl. Walaupun elegan, melainkan ruangan tidak kelihatan berlebihan sebab elemen alam yang diberi oleh kayu parket.
Meningkatkan Poin Bangunan
Lapisan parket seringkali membikin poin bangunan menjadi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan lapisan parket bisa dengan gampang dikombinasikan dengan beragam desain, mulai dari minimalis, modern, klasik, dan kontemporer.

Kekurangan

Mahal
Sebetulnya ada 3 variasi parket, yakni solid yang terbuat dari potongan kayu, engineering yang terbuat dari plywood atau kayu berkwalitas rendah dengan lapisan veneer, dan juga laminate yang terbuat dari serbuk kayu. Tapi, ketiganya konsisten tergolong mahal diperbandingkan dengan vinyl.

Perawatan Ekstra
Sistem mengepelnya berbeda dengan lantai awam. Apabila salah karenanya permukaan kayu dapat kencang lapuk dan apabila telah lapuk, karenanya lantai gampang mengalami pengeroposan dan rentan rayap. Kecuali itu, Anda juga semestinya memolesnya dengan cairan khusus untuk menjaga kilap konsisten optimal.
Pemasangan Susah
Anda semestinya memilih jasa yang pas untuk menjalankan pemasangan parket dengan benar. Apabila pemasangan hal yang demikian dalam keadaan kurang total, karenanya lama kelamaan kayu dapat mengalami penyusutan dan renggang.

Gampang Tergores
Apabila ada barang keras atau tajam yang jatuh, karenanya lantai parket akan gampang tergores. Tentunya hal ini dapat membikin lantai kelihatan kusam dan kurang baik. Debu yang tergesek di lantai juga dapat menghasilkan goresan halus.

Vinyl
Kelebihan

Murah
Sebab sama sekali tak terbuat dari kayu, karenanya harga dari vinyl tergolong murah. Anda dapat menerima elemen kayu dengan suasana hangat tanpa mengeluarkan tarif berlebih.

Pemasangan Gampang
Vinyl adalah lapisan yang mirip dengan sticker sehingga Anda bisa menjalankan pemasangan sendiri. Apabila bosan dengan motifnya, Anda malah bisa dengan gampang menggantinya dengan motif lain.
Perawatan Simpel
Tidak ada perawatan khusus untuk bahan vinyl sebab Anda cuma perlu menyapu dan mengepel layaknya lantai kramik pada biasanya. Apabila rusak malah, Anda bisa dengan gampang mengungkap pasang sebab pemasangannya yang gampang.

Bendung Air dan Kelembapan
Vinyl mempunyai bahan yang anti air dan kelembapan, sehingga permukaannya konsisten baik seperti semula dan tak akan lapuk layaknya lantai parket. Vinyl yang tak mengandung kayu sama sekali juga membuatnya anti rayap.

Kekurangan

Kurang Berteman
Bahan PVC pada vinyl cenderung kurang berteman bagi kesehatan sekiranya masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, Anda memerlukan cairan khusus untuk melapis lantai vinyl supaya lebih ramah kepada kesehatan keluarga.

Rawan Rusak
Apabila terkena benda tajam, karenanya lantai vinyl gampang rusak atau robek. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh friksi furnitur atau benda tajam yang jatuh dan menggores lantai vinyl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *