Jokowi: RI Negara Besar, Booth Pameran Jangan Dekat WC

Image result for booth pameran
Booth pameran – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia benar-benar serius menggarap pasar luar negeri. Ironis sebab di ASEAN cuma Indonesia yang turut G-20 melainkan poin ekspornya kalahh dibanding negara lain.

“Di Asean cuma kita yang masuk negara G-20. Tetapi ekspor kita keok. Dengan Filipina keok, Thailand keok, malahan dengan Vietnam kita setengahnya. Apabila diteruskan, kita belum berubah, kita nggak membikin terobosan, nanti kita keok dengan Kamboja dan Laos. Bagus di bidang ekspor atau investasi. Aku nggak berharap,” kata Jokowi di Gedung Pancasila, Senin (12/2/2018). Jokowi mengatakan hal hal yang demikian dikala memberikan bimbingan terhadap Kepala Perwakilan Indonesia di luar negeri seperti Duta Besar, Atase Perdagangan, Konsulat Jenderal dan lainnya. Dikatakan Jokowi, selama ini, dikala turut pameran di luar negeri, perwakilan booth dari Indonesia senantiasa menerima daerah di ujung dekat kamar kecil. Jokowi berharap hal itu tidak lagi terulang.

“Ini kita negara besar, jikalau berharap kita di depan gerbang. Ekonomi kita bagus, terus-terusnya kayak gini. Aku meminta berhenti, ini namanya proyek, proyek namanya. Proyek. Apabila pameran seketika booking, bu aku meminta 50 stand. Koordinasi antar menteri,” tegas Jokowi. Jokowi juga berharap Indonesia menggarap pasar-pasar lain yang potensial. “Aku berikan teladan kemarin sesudah kunjungan ke berjenis-jenis tempat, terlebih di negara Asia Selatan. Aku terkejut juga bahwa masih banyak negara yang kita pandang sebelah mata melainkan potensi ekonomi besar sekali. Model Pakistan. Penduduknya hampir 210 juta. Tetapi ekonomi benar-benar bagus sekali. Bangladesh 160 juta penduduk, gede sekali pasarnya,” tutup Jokowi.

 

 

 

Baca juga : Neon box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *