Kenali Alat Keselamatan Kerja Part 1

Kelengkapan Safety Tambang
Menyikapi hal hal yang demikian diatas, karenanya perusahaan-perusahaan di bidang Pertambangan/Perminyakan berupaya menjaga keselamatan para pekerjanya beserta seluruh asset yang ada, supaya terhindar dari hal-hal yang tak diharapkan. Salah satu caranya dengan melengkapi para pekerjanya dengan sebagian alat keselamatan yang memadai. Di Perusahaan tambang, alat keselamatan kerja ini umumnya diketahui dengan sebutan APD (Alat Pelindung Diri).

APD di perusahaan pertambangan yakni peralatan yang sepatutnya diaplikasikan ketika berprofesi. APD diaplikasikan layak dengan tingkat bahaya dan risiko pekerjaaan, demi menjaga keselamatan pekerja dan orang di sekelilingnya. Keharusan itu telah disepakati oleh pemerintah via Departemen Daya Kerja RI. Seluruh tipe APD semestinya diaplikasikan sebagaimana mestinya menurut petunjuk yang benar-benar layak dengan standar keselamatan kerja (K3L ‘Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan’). Alat-alat keselamatan kerja (APD) yang kerap kali diaplikasikan di sebuah perusahaan pertambangan dan migas merupakan seperti dibawah ini (wujudnya lihat gambar, sesuaikan dengan nomor pada penjelasannya).

Baca juga : Sarung Tangan Safety

1. Safety Helmet (Helm Pengaman) ; Fungsi helm pengaman yang paling utama merupakan untuk melindungi kepala dari jatuhan dan benturan benda secara seketika. Kelengkapan keselamatan ini yakni kelengkapan yang cukup vital bagi para pekerja didunia Pertambangan dan Perminyakan. Safety Helmet amat membantu pekerja sebab sifatnya yang melindungi kepala dari bahaya terbentur benda keras seperti pipa besi maupun batu yang jatuh selama para pekerja berada diarea kerja. Safety Helmet mempunyai pelbagai desain yang mempunyai wujud berbeda layak dengan fungsinya masing-masing. Kecuali itu, warna helmet yang diaplikasikan menampilkan tipe pekerjaannya.

2. Safety Vest (Rompi Reflektor) ; Rompi ini diengkapi dengan iluminator, ialah sebuah bahan yang bisa berpendar jikalau terkena sinar. Bahan berpendar ini akan mempermudah dalam mengenali posisi pekerja saat berada di kegelapan. Lazimnya didunia Pertambangan, operasional berlangsung selama 24 jam dimana kecenderungan kecelakaan kerja terjadi dimalam hari. ini umumnya disebabkan penerangan di zona tambang tak seperti itu bagus, sehingga seringkali pekerja yang berada didalam zona tambang tak nampak. Rompi reflektor ini menjadi penting untuk mencegah hal yang tak diharapkan seperti tertabrak/terlindas oleh kendaraan alat berat.

3. Safety Shoes (Sepatu Pengaman) ; Safety Shoes wujudnya seperti sepatu umum, namun terbuat dari bahan kulit yang dilapisi metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Safety Shoes berfungsi untuk mencegah kecelakaan fatal yang menimpa kaki seperti tertimpa benda tajam atau benda berat, benda panas, cairan kimia, dan lain-lain.

Baca juga —> Rompi Safety

4. Safety Goggles/Glasses (Kacamata Pengaman) ; Kacamata pengaman ini berbeda dari kacamata pada lazimnya. Perbedaanya berlokasi pada lensa/kaca yang menutupi mata secara menyeluruh, termasuk komponen samping yang tak terlindungi oleh kacamata umum. Dengan menerapkan safety Goggles/Glasses ini, pekerja terhindar dari terpaan debu diarea Pertambangan maupun cipratan dari minyak ketika pelaksanaan drilling. Kacamata ini mempunyai berbagai tipe tergantung kebutuhan dan tipe pekerjaannya. Untuk orang berkacamata minus atau plus, disediakan lensa khusus layak dengan keperluan yang bersangkutan. pasti, lensa ini tak boleh terbuat dari kaca, sebab jikalau terjadi benturan dan lensa pecah, serpihan kaca bahkan akan berbahaya penggunanya.

5. Safety Masker/masker respirator (Penyaring Udara) ; Safety Masker berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup ketika berprofesi di daerah dengan kwalitas udara buruk (misal berdebu, berbisa, dan lain-lain). Di pelbagai zona pertambangan banyak bertaburan debu, yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada pernapasan dalam bentang waktu yang panjang. Ada pelbagai tipe masker yang tersedia, mulai dari masker debu sampai masker khusus dalam menghadapi bahan kimia yang gampang menguap.

 

Artikel selengkapnya disini >>> Peralatan Safety

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *