Pentingnya Teliti Sebelum Menyewa Gudang

Dalam dunia usaha, gudang adalah salah satu elemen penting dalam kegiatan produksi dan perdagangan. Barang dagangan yang disimpan dengan baik akan lebih terawat dan tak mudah rusak.

Sebelum Anda menentukan kesepakatan untuk menyewa gudang, ada baiknya membaca info di bawah ini terlebih dahulu.

Fungsi Gudang Dalam Dunia Bisnis

Menurut fungsinya, gudang terbagi menjadi dua, sebagai tempat distribusi dan sebagai tempat penyimpanan.

Barang yang akan didistribusikan umumnya tak akan membutuhkan waktu lama untuk disimpan sehingga tak membutuhkan daerah yang terlalu luas tapi akan memerlukan daerah yang strategis.

Contohnya untuk mendistribusikan ransel ke sebagian kios di sentra kota, tentu akan lebih baik untuk memilih sewa gudang di tempat perkotaan yang tak terlalu jauh dari kota. Sebaliknya, gudang untuk penyimpanan diperlukan lokasi yang luas, dengan maksud agar barang tak rusak terutama dengan jumlah barang yang tak sedikit.

Pertimbangan yang lain ketika hendak menyewa gudang merupakan anggaran baik untuk transportasi, harga sewa gedung dan penyediaan sumber daya manusia. Juga yang tidak kalah penting adalah memperhitungkan keadaan geografis lingkungan gudang tersebut, apakah termasuk daerah banjir, susah air dan sebagainya.

Apabila Anda sudah menemukan gudang yang pas, jangan langsung terburu-buru membayar uang sewa dikarenakan ada banyak hal yang seharusnya diperhatikan supaya terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Pertimbangan disaat memilih gudang:

Kepemilikan gudang

Sebelum ada kesepakatan, pastikan kepemilikan gudang tersebut dan cek bukti kepemilikannya. Bukti kepemilikan dapat berupa IMB. Sekiranya pihak yang menyewakan tidak bisa memperlihatkan bukti kepemilikan, tanyakanlah alasannya.

Jika kondisi bangunan gudang sedang dalam jaminan pada pihak lain, sebaiknya meminta izin secara tertulis dari si pemegang jaminan yang berbunyi bahwa dia tak keberatan jika bangunan disewakan. Kejelasan kepemilikan bangunan sungguh-sungguh amat penting karena Anda adalah penyewa akan lebih terjamin secara undang-undang.

Peruntukan Bangunan

Ketelitian merupakan hal utama yang semestinya dimiliki penyewa. Untuk itu, amati peruntukan bangunan dilingkungan tersebut. Banyak bangunan di sekitar perumahan yang sekali-kali dilarang untuk membuka usaha, bongkar muat barang dan sebagainya. Seandainya pemilik menyuarakan memberikan dispensasi, ada baiknya Anda mengecek kebenarannya ke lembaga bersangkutan.

Surat perjanjian sewa

Buatlah perjanjian tertulis ketika anda telah sepakat menyewa gudang tersebut. Bila perlu, tuliskan prosedur menyewa dan apa saja yang boleh dan tak boleh anda lakukan. Isi perjanjian juga meliputi biaya perbaikan. Padahal umumnya ditanggung pemilik, tapi dapat saja pemilik akan minta anda untuk mengganti biaya tersebut.

Memilih gudang penyimpanan barang haruslah teliti dan mempertimbangkan banyak faktor. Seandainya Anda telah memilih daerah yang sesuai, jalin keterbukaan antara kedua belah pihak. hal tersebut amat penting supaya terhindar dari persoalan yang dapat menghalangi pelaksanaan distribusi dan penyimpanan barang.

Baca Juga: Sewa Kantor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *