Jenis-Jenis Bahan Stiker Dalam Dunia Percetakan

Bahan Stiker adalah sebuah lembaran berbahan kertas atau plastik yang mempunyai daya rekat yang berfungsi untuk di tempel di sebuah media padat. Stiker sangat diminati oleh banyak pengusaha untuk kebutuhan branding maupun promosi. Stiker bisa direkatkan pada benda-benda yang bergerak seperti motor, helm, kaca kendaraan beroda empat sehingga bisa di lihat oleh banyak orang. Di sisi lain stiker bisa di tempelkan di benda-benda yang tidak bergerak seperti kaca, lantai, formboard (untuk mencetak Tripod Banner) yang bisa diterapkan untuk kebutuhan promosi.

Dikarenakan fungsinya yang bervariasi, cetak sticker bisa dikerjakan dengan berbagai format dan dengan memakai bahan yang berbeda-beda cocok dengan keperluan anda. Kali ini kita akan membahas perihal jenis-jenis sticker yang biasa kita temui di dunia percetakan di Indonesia. Dengan mengenal jenis-jenis bahan stiker diharapkan anda bisa memiliki pengetahuan dan tutorial pada saat anda ingin mencetak stiker digital printing di jakarta.

Stiker Vinyl Ritrama / Politape
Vinyl adalah jenis bahan stiker dengan permukaan yang halus dan mengkilap juga memiliki ketahanan akan air. Variasi bahan stiker ini mempunyai tekstur seperti plastik dan sangat mudah dijumpai di percetakan digital printing. Merek kertas sticker yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha digital printing adalah merek Ritrama dan Politape. Banyak sekali aplikasi yang bisa dikerjakan dengan mencetak stiker di bahan vinyl seperti print and cut untuk kebutuhan branding. Atau bisa mencetak dengan ukuran yang besar yang bisa di aplikasikan ke media kaca pada toko retail anda di mall atau di ruko.

Stiker Transparan
Stiker transparan adalah jenis bahan stiker yang mempunyai karakteristik transparan, sehingga mencetak pada permukaan stiker ini membuat hasil cetak anda tampak jernih. Aplikasi pada kertas transparan kerap ditemui pada toko yang sedang memberikan promosi diskon akhir tahun dikarenakan selain pelanggan bisa membaca promosinya, stiker ini memungkinkan pelanggan bisa melihat kedalam display yang sedang dipajang tanpa terganggu dengan media stiker.

Stiker Oracal
Stiker oracal adalah jenis stiker berwarna yang umumnya ditemui pada disaat kita memuat aplikasi cutting stiker bagus untuk kebutuhan branding, kebutuhan pribadi, atau untuk kebutuhan jenis mobil atau motor (melapisi badan kendaraan beroda empat dan motor). Stiker ini memiliki ciri-ciri lentur dan tidak memantulkan sinar. Tipe warna pada stiker ini banyak sekali dan komplit mulai dari stiker dengan warna metallic hingga dengan stiker bermotif (seperti motif army dan lainnya). Anda bisa mencari katalog untuk tutorial warna sticker oracal agar bisa memastikan alternatif warna yang pantas untuk pembuatan stiker anda.

Baca Juga: Percetakan Banner

Stiker Scotlight
Stiker Scotlight adalah jenis bahan stiker yang mempunyai daya rekat yang sangat bagus. Stiker ini sangat pantas untuk kebutuhan jangka panjang seperti promosi luar ruang. Tetapi anda perlu berhati-hati bila anda memasangkan stiker jenis ini pada motor dan mobil kesayangan anda dikarenakan daya rekatnya yang tinggi sehingga stiker ini amat sulit untuk di lepas. Stiker ini juga bisa memantulkan sinar, sehingga pantas untuk kebutuhan marka jalan, atau untuk tampilan kendaraan anda bagi yang suka kendaraan yang berkilau.

Stiker One Way Vision
Sticker one way adalah jenis bahan stiker dengan tekstur berlubang. Ciri-ciri stiker ini walaupun dari depan tidak bisa melihat kedalam, tetapi bila dilihat dari dalam bisa memandang keluar. Stiker ini umumnya diaplikasikan untuk menutupi kaca mobil bagian belakang untuk kebutuhan promosi luar ruang atau branding dikarenakan bahan ini sangat tahan dengan air dan cahaya matahari, atau bisa diterapkan untuk menutupi ruangan meeting sehingga ruangan tidak bisa dilihat dari luar. Dikarenakan stiker bisa dilihat tembus keluar, stiker ini diperkenankan oleh pihak kepolisian. Tidak heran banyak sekali branding yang sering kita temui dijalan pada disaat anda sedang menyetir motor atau mobil.

Stiker Chromo
Stiker Chromo adalah jenis bahan stiker yang terbuat dari bahan yang licin. Kertas stiker ini bisa dicetak dengan memakai mesin offset dan memiliki daya rekat yang amat baik sehingga sering digunakan untuk kebutuhan label (label botol, label kotak makanan dan lainnya), untuk kebutuhan promosi ( stiker pilkada, stiker branding atau service). Stiker chromo sangat rentan dengan air, sticker ini akan luntur dan rusak bila terkena air hujan sehingga tidak pantas untuk digunakan di luar ruang.

Sticker HVS
Sticker HVS mempunyai ukuran A4 (21 Cm x 29.7 cm) dan ukuran A3 ( 29.7 cm x 42 cm). Untuk kertas stiker dengan ukuran A4 bisa dicetak dengan memakai printer inkjet (printer kantor) sehingga mudah bagi kita untuk berkreasi dengan memakai sticker HVS ini. Stiker ini sangat murah sehingga diminati oleh banyak perusahaan dan pribadi untuk mencetak kebutuhan kantor seperti label, suvenir atau undangan. Stiker ini tidak memiliki daya rekat yang bagus sehingga untuk penggunaan jangka panjang kurang baik ( gampang terkupas ). Dan layaknya sebuah kertas yang terkena air, sticker HVS juga sangat mudah rusak bila terpapar dengan air hujan.

Itulah beberapa jenis bahan stiker yang bisa anda pakai untuk kebutuhan pencetakan anda. Semoga dengan pembahasan ini bisa membantu anda menentukan bahan stiker yang cocok dengan keperluan anda.

Simak Juga: Harga Sticker Vinyl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *