10 Cara Memilih Apartemen yang Perlu Kamu Ketahui

Banyak keuntungan yang dapat kamu dapat disaat memilih untuk menyewa apartemen. Mungkin kamu sempat berpikir mana yang lebih baik antara memilih kos, kontrakan rumah atau sewa apartemen.

Tentu saja, masing-masing mempunyai sisi plus dan minusnya masing-masing. Tetapi apabila memilih kos di apartemen, kamu akan lebih banyak hemat waktu dan biaya. Karena biasanya apartemen itu berada di lokasi yang strategis. Jadi kamu bahkan dapat lebih mudah untuk menjangkau lokasi tempatmu bekerja selama ini.

Untu lebih jelasnya seperti apa apartemen yang baik untuk kamu sewa, sebaiknya kamu perhatikan beberapa cara memilih apartemen berikut ini.

1. Lokasi

Ini hal paling penting untuk harus kamu perhatikan. Sebisa mungkin apartemen ini terletak benar-benar dekat dengan tempatmu bekerja, belajar atau beraktivitas.

Sebagai contoh, apabila kamu kuliah di Universiats Mercu Buana, kamu dapat memilih apartemen yang dekat dengan kampus ini. Itu juga seandainya jika kamu kuliah di Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara, Bina Nusantara, Atmajaya dan STIE Prasetya Mulya.

Baca juga: Jual Rumah Sentul

Jika kamu adalah pekerja kantoran, kamu dapat memilih apartemen yang letaknya dekat dengan kantormu. Tentu tidak hanya elemen ini saja yang menjadi pertimbangannya. Kamu juga perlu memperhatikan kemudahannya untuk menjangkau lokasi strategis.

Misalkan, kamu perlu menghitung apakah apartemen ini dekat dengan airport, apakah apartemen ini dekat dengan fasilitas kesehatan seperti RSCM dan juga ketahui apakah apartemen itu dekat dengan lokasi hiburan seperti Dufan dan Ancol. Tentu kamu nantinya juga perlu refreshing. Jika lokasi apartemenmu dekat, tentu lebih mudah bagimu untuk datang ke tempat hiburan tersebut.

2. Fasilitas

Kamu juga perlu memperhatikan fasilitas apartemen yang dapat kamu gunakan. Fasilitas ini dapat kamu bedakan, yaitu fasilitas di dalam kamar dan fasilitas apartemen.

Biasanya kamar apartemen di Jakarta sudah dilengkapi dengan pendingin udara (AC). Jadi kamu tidak perlu cemas akan merasa kepanasan. Selain itu, terdapat fasilitas tambahan lainnya misalkan kulkas.

Apabila dari segi fasilitas apartemen, tentu disediakan gym dan minimarket. Ada juga apartemen yang dilengkapi dengan kolam renang atau pool.

3. Harga Sewa

Disaat ingin menyewa, tentu kamu akan mewujudkan harga sewa apartemen ini sebagai pertimbangan. Masih ada apartemen murah untuk kamu sewa. Apartemen dengan harga sewa satu jutaan masih ada.

Biar lebih hemat lagi, kamu dapat sewa apartemen dalam setahun. Biasanya ada promo khusus yang diberi oleh penyedia apartemen.

Simak Juga: Apartemen Mewah di Menteng

4. Keamanan

Pastikan ketika kamu ingin menyewa apartemen, apartemen itu mempunyai sistem keamanan yang bagus. Seperti dilengkapi dengan petugas keamanan, juga ada CCTV atau alarm sebagai sistem keamanannya.

5. Ketenangan

Ini juga sangat penting. Karena nantinya kamu akan menghabiskan banyak waktu di apartemen ini untuk beristirahat. Oleh karena itu pastikan suasana-nya tenang. Kamu dapat cek langsung lokasi apartemen ini sebelum menyewanya.

6. Perawatan

Sebagai calon penghuni apartemen, kamu juga perlu tahu bagaimana tingkat kebersihan apartemen tersebut. Walaupun telah ada jasa cleaning service yang disediakan, tetapi perlu diperhatikan lebih lagi setiap sudut ruangan apartemen. Apabila kamu sedang tidak sempat bersih-bersih kamar, kamu dapat memakai jasa maintenance yang telah termasuk biaya kebersihan.

7. Survey Langsung

Akan sangat dianjurkan supaya kamu melihat secara langsung apartemen sebelum memutuskan untuk memilih apartemen tersebut. Dari foto memang kamu dapat mendapat ilustrasi awal situasi apartemen tersebut. Tetapi untuk situasi yang lebih nyata, sebaiknya kamu tinjau letaknya. Apabila apartemen itu terasa cocok, kamu dapat lanjutkan untuk menyewanya.

Cek juga: Apartemen Jakarta Pusat

8. Cek Suasana Apartemen

Maksudnya bukan hanya mengenal apartemen itu berada di lokasi yang strategis, tetapi kamu juga perlu mengecek suasana di dalam apartemen.Selain itu kamu juga dapat survey seperti apa orang-orang yang akan menjadi tetangga di lingkunganmu sebelum memilih apartemen itu untuk kamu sewa.

Itulah kenapa sangat penting untuk datang langsung ke apartemen yang akan kamu sewa. Apabila menurutmu suasananya nyaman dan terasa nyaman, kamu dapat putuskan untuk menyewa apartemen ini.

9. Kenali Aturan Apartemen

Apabila kamu berencana untuk membawa binatang peliharaan, tanyakan apakah hal itu diizinkan? Cara memilih apartemen ini umumnya tercantum dalam perjanjian sewa. Untuk itu, kamu perlu tahu secara jelas peraturan apartemen yang ingin kamu sewa ini.

10. Transportasi

Ini yang juga tidak kalah penting. Kamu harus tahu dari apartemen ini untuk menuju tempat kerja atau kampus nantinya dapat naik transportasi apa. Apabila jalanan transportasi yang tersedia banyak pilihannya, itu menjadi keuntungan lebih bagi apartemen ini.

Itulah tadi 10 cara untuk memilih apartemen. Pertimbangkan hal di atas dan pilih apartemen terbaik untuk kamu.

Kunjungi Juga: Perumahan Sentul City

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *